Archive

Archive for the ‘A. Kemendikbud’ Category

Undangan PLPG UM – tahap IV (untuk guru Dikbud)

August 29th, 2014

PLPG 2014 tahap IV di UM akan dimulai pada 7 September – 16 September 2014. Berikut ini undangannya, silahkan diperiksa. Mohon memperhatikan apa yang harus dibawa. Ada peserta PLPG yang harus mengikuti UKG yang dilaksanakan pada hari pertama PLPG. Siapa saja yang mengikuti bisa dilihat di undangan, yang bertanda “V” pada kolom UKG.

Materi PLPG 2014 sama dengan PLPG 2013, filenya bisa diunduh dari http://psg15.um.ac.id/?page_id=2978.

Bagi yang tidak bisa hadir pada tahap ini atau tahap lain, harap membuat surat pemberitahuan dilampiri dengan bukti yang relevan. Jangan menunggu datangnya pengumuman, lebih baik sejak awal memberitahu kami.

Bagi yang tercatat tidak memiliki berkas (lihat di Daftar peserta tanpa berkas) tetapi terpanggil, maka HARUS membawa berkas PLPG seperti yang tertera di halaman yang kami sebutkan itu. Konsekuensinya, berkas kami verifikasi saat itu dan bila ada kekurangan wajib melengkapi kekurangan sebelum PLPGnya bisa dilanjutkan.

 

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 1,140 kali

Undangan PLPG 2014 – Tahap 3, 4, 5 – KHUSUS LUAR JATIM

August 20th, 2014

Berikut adalah undangan PLPG di UM tahap 3 (28 Agustus – 6 September 2014), 4 (7 – 16 September 2014), dan 5 (17 – 26 September 2014). Daftar ini khusus untuk PESERTA LUAR JATIM, karena pertimbangan jarak dan sarana transportasi. Undangan untuk peserta Jatim memang belum dikeluarkan.

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 1,348 kali

Undangan PLPG 2014 – Tahap 3

August 17th, 2014

PLPG 2014 tahap III di UM akan dimulai pada 28 Agustus – 6 September 2014. Berikut ini undangannya, silahkan diperiksa. Mohon memperhatikan apa yang harus dibawa. Ada peserta PLPG yang harus mengikuti UKG yang dilaksanakan pada hari pertama PLPG. Siapa saja yang mengikuti bisa dilihat di undangan, yang bertanda “V” pada kolom UKG. Read more…

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 2,869 kali

Pengumuman Hasil Klarifikasi Berkas PLPG 2014

August 4th, 2014

Pada 21-22 Juli diadakan klarifikasi berkas PLPG (lihat di link ini: http://psg15.um.ac.id/?p=3969) bagi sejumlah peserta yang berkasnya belum lengkap dan kurang jelas. Berikut ini file pengumumannya, silahlan diunduh. Peserta yang berstatus MP (Memenuhi Persyaratan) maka bisa diikutkan dalam PLPG sedangkan yang berstatus BMP (Belum Memenuhi Persyaratan) maka tidak dapat diikutkan dalam PLPG karena tidak memenuhi persyaratan peserta PLPG sebagaimana yang tercantum dalam Buku 1 Sertifikasi Guru 2014 mengenai Pedoman Penetapan Peserta.

Kota asal peserta: Kab.Banyuwangi, Kab.Blitar, Kab.Bondowoso, Kab.Kediri, Kab.Lamongan, Kab.Lumajang, Kab.Madiun, Kab.Magetan, Kab.Malang, Kab.Mojokerto, Kab.Nganjuk, Kab.Ngawi, Kab.Pamekasan, Kab.Pasuruan, Kab.Ponorogo, Kab.Probolinggo, Kab.Trenggalek, Kab.Tulungagung, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Pasuruan.

Bagi peserta yang tidak mengumpulkan berkas PLPG (lihat di link ini: http://psg15.um.ac.id/?p=4055) lalu menyusulkan berkasnya, maka verifikasi dan klarifikasi akan dilakukan pada saat pengumpulan, termasuk bila peserta telah hadir di lokasi PLPG. Konsekuensinya, peserta harus melengkapi kekurangan bila ada, sebelum bisa melanjutkan PLPGnya.

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 839 kali

Apakah anda tidak mengirimkan berkas?

July 23rd, 2014

Ada sekitar 340 peserta yang tercatat masuk dalam kuota tetapi tidak mengirimkan berkas PLPG. Peserta tanpa berkas tidak akan kami undang. Untuk kepastiannya, silahkan cek di file berikut ini, barangkali bapak/ibu sudah mengirimkan berkas peserta tetapi tidak sampai ke kami. Bila demikian segera konfirmasikan kepada kami. Nama yang tidak ada di file ini berarti berkas PLPG sudah kami terima.
Ini filenya, silahkan diunduh  dan diperiksa –> PesertaTanpaBerkas

PLPG Kemendikbud Dilihat: 3,213 kali

Undangan Klarifikasi Berkas PLPG 2014

July 17th, 2014

Dari berkas yang masuk ke kami, kami lakukan verifikasi untuk melihat kesesuaian dan kebenarannya. Ditemukan sejumlah berkas yang kurang lengkap atau meragukan, sehingga kami perlu melakukan klarifikasi kepada peserta. Berikut ini undangan klarifikasi yang berisi daftar nama peserta, dan berkas yang harus dibawa. Read more…

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 2,141 kali

Rencana PLPG 2014 di PSG 115 – Universitas Negeri Malang

July 13th, 2014

PLPG di Rayon 115 Universitas Negeri Malang akan dilaksanakan selama 6 tahap mulai tanggal 7 Agustus 2014. Berikut ini rencana pembagian tahapan pelaksanaannya.

Tahap Tanggal Bidang studi / matapelajaran
1 7 Agustus – 16 Agustus 2014 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Penjaskes SD/SLB, Seni Budaya SD/SMP, Bahasa Inggris SMP, Matematika SMP, Fisika SMA, Pemasaran SMK, Rumpun Teknik Komputer & Informatika SMK
2 18 Agustus – 27 Agustus 2013 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Penjaskes SD/SLB, Seni Budaya SMP,  Bahasa Inggris SMP, TIK SMP/SMA, Kimia SMA, Matematika SMA/SMK, Fisika SMK, Administrasi Perkantoran SMK, Akuntansi SMK, Rumpun Teknik Otomotif SMK, Rumpun Tata Busana SMK
3 28 Agustus – 6 September 2014 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Penjaskes SD, Bimbingan Konseling SMP/SLB, PKN SMP/SLB, IPS SMP/SLB, IPA SMP/SLB/SMK, Seni Budaya SMP, Rumpun Teknik Otomotif SMK, Rumpun Tata Busana SMK
4 7 September – 16 September 2014 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Penjaskes SD/SMP/SMA/SMK, Seni Budaya SMP, Bimbingan Konseling SMA, Bahasa Indonesia SMA/SMK, PKN SMA/SMK, Bahasa Inggris SMK, Sejarah SMK, Kimia SMK, Administrasi Perkantoran SMK, Pemasaran SMK
5 17 September – 26 September 2014 Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Bahasa Indonesia SMP/SLB, PKN SMP, Bimbingan Konseling SMP/SMK, Bahasa Inggris SMA, Seni Budaya SMA/SMK, Sejarah SMA/SMK, Bahasa Arab SMA/SMK, Pemasaran SMK, Rumpun Teknik Otomotif SMK, Rumpun Keuangan SMK, Rumpun Teknik Komputer & Informatika SMK
6 25 September – 4 Oktober 2014 Guru Kelas TK

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Daftar peserta dan lokasi masing-masing peserta akan kami umumkan 7 sampai 10 hari sebelum pelaksanaan tahapan (melalui surat kepada Dinas Pendidikan dan juga di-posting di situs web ini serta di laman facebook http://facebook.com/psg15um). Kami memang tidak menayangkan nama peserta secara lengkap 6 tahap karena bisa jadi ada perubahan (misal karena ada yang sakit sehingga minta mundur, ada yang akan melahirkan sehingga minta didulukan, karena ada suatu hal sehingga tahapnya berubah, atau perubahan lain yang mendadak). Ini bisa menimbulkan terlalu banyak ralat atau surat susulan yang justru membingungkan peserta. Harap tidak menanyakan daftar nama untuk tahap yang akan datang, atau menanyakan namanya ada di tahap berapa.
  2. Apabila ada yang berhalangan, harap segera memberitahukan melalui surat/tertulis kepada kami dengan diketahui Kepala Sekolah atau Dinas Pendidikan dan dilampiri bukti yang mendukung. Tanpa surat berarti kami anggap mundur dan tidak akan dipanggil lagi. Surat bisa dikirimkan melalui pos atau dikirim melalui faximile (alamat dan nomornya ada di ujung kanan atas halaman ini). Jangan menunggu ada panggilan dan jangan segan memberitahu. Jauh sebelumnya beritahukan kepada kami agar tidak terjadi hal yang merugikan (misalnya mapel itu sudah tidak diadakan lagi sehingga terpaksa harus ikut tahun berikutnya).
  3. Pada tahun ini ada yang sudah memiliki skor UKG, ada yang belum. Yang belum akan mengikuti UKG pada hari pertama pelaksanaan PLPG, sedangkan yang sudah tidak perlu melaksanakannya. Pada undangan akan kami beri tanda siapa yang sudah dan siapa yang belum memiliki skor UKG.
  4. Pengelompokan peserta didasarkan pada hasil UKG. Dengan demikian tidak bisa diprediksi berapa orang dari kota/kabupaten X pada setiap tahap. Penentuan peserta tidak berdasar pada usia, status PNS/bukan, sekolah negeri/swasta, atau kecamatan asal.
  5. Pada setiap tahap, ada surat undangan kepada Dinas Pendidikan setempat yang juga mencantumkan persyaratan yang harus dibawa. Harap membaca persyaratan yang harus dibawa agar tidak menyulitkan pada saat pelaksanaan PLPG. Secara umum, yang harus dibawa adalah:
    • Surat tugas dari Dinas Pendidikan
    • Buku siswa dan buku guru sesuai Kurikulum 2013
    • Materi pendukung: Dokumen pendukung Kurikulum 2013 (SKL, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian), Contoh RPP, bahan ajar dan media lain yang menunjang. Bagi mapel yang belum memiliki buku Guru dan buku Siswa bisa membawa contoh RPP yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013.
    • Guru BK membawa buku-buku yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, program penyelenggaraan bimbingan dan konseling, contoh laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling, contoh instrumen asesmen, dan contoh media serta pendukung penyelenggaraan layanan BK.
    • Pakaian dan keperluan pribadi untuk 10 hari kegiatan.
  6. Ada peserta dari wilayah PSG 115 yang dialihkan ke PSG lain. Pengalihan ini adalah dari BPSDMP-PMP, bukan kami yang menentukan. Selanjutnya adalah tanggungjawab kami untuk mengundang dan seterusnya sampai pencetakan sertifikat. Undangan untuk peserta luar Jawa akan disampaikan jauh hari sebelumnya agar cukup waktu untuk merencanakan keberangkatan.
  7. Materi PLPG tidak disediakan dalam bentuk cetak tetapi dalam bentuk file. Silahkan mengunduhnya dari halaman http://psg15.um.ac.id/?page_id=2978. Bapak/ibu bisa mengunduhnya, mencetaknya, dan menggandakannya.
  8. Pemilihan mapel peserta adalah menjadi tanggungjawab peserta sendiri sejak awal penjaringan peserta PLPG. Kami hanya melaksanakan sesuai data yang masuk, dan kami tidak menerima komplain kesalahan mapel setelah pelaksanaan PLPG.
  9. Lain-lain menyusul (bila ada pertanyaan yang penting untuk diketahui bersama)

 

A. Kemendikbud, PLPG Kemendikbud Dilihat: 2,504 kali

Informasi tentang penyerahan Sertifikat Pendidik

February 16th, 2014

PEMBERITAHUAN TENTANG PENYERAHAN SERTIFIKAT PENDIDIK

1. Diberitahukan bahwa penyerahan sertifikat pendidik kepada Dinas Pendidikan / Kemenag akan dilakukan mulai tanggal 17 Pebruari 2014. Selanjutnya Dinas Pendidikan / Kemenag yang menyerahkan kepada peserta Sertifikasi Guru. Jadi bukan kami yang membagikannya ke peserta. Read more…

A. Kemendikbud, B. Kemenag Dilihat: 3,474 kali