Archive

Archive for the ‘F. Kumpulan artikel’ Category

TPP Guru Menyusut Rp 500 Ribu

January 15th, 2010

(Dikutip dari Jawa Pos online 15 Januari 2010, alamat: http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=111515)

Dispendik Beralasan karena Pajak

SURABAYA – Para guru peserta sertifikasi angkatan 2006 hingga 2008 di Jawa Timur memang sudah menerima tunjangan profesional pendidik (TPP). Dana yang merupakan akumulasi TPP untuk periode Juli – Desember 2009 itu sudah sampai ke rekening masing-masing sejak awal Januari lalu.

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 21,344 kali

Pemda Harus Evaluasi Guru Penerima TP

January 12th, 2010

(Dikutip dari Radar Sulteng Online, alamat: http://www.radarsulteng.com/berita/index.asp?Berita=Utama&id=62168)

KEMENTERIAN Pendidikan Nasional memberi wewenang lebih luas kepada dinas pendidikan untuk mengevaluasi guru penerima tunjangan profesi (TP). Mereka juga diberi kewenangan untuk menentukan guru-guru yang memenuhi persyaratan untuk ikut sertifikasi atau tidak.

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 3,712 kali

Mengkritisi Kinerja Guru Pascasertifikasi

December 15th, 2009

(Dikutip dari Jawa Pos Online tgl 15 Desember 2009, alamat: http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=105462)

Oleh : Yudha Cahyawati*

Survei yang dilaksanakan Persatuan Guru Repulik Indonesia (PGRI) mengenai dampak sertifikasi terhadap kinerja guru menyatakan bahwa kinerja guru yang sudah lolos sertifikasi belum memuaskan. Motivasi kerja yang tinggi justru ditunjukkan guru-guru di berbagai jenjang pendidikan yang belum lolos sertifikasi. Harapan mereka adalah segera lolos sertifikasi berikut memperoleh uang tunjangan profesi (Jawa Pos, 7/10/2009).

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 9,004 kali

Penilaian Portofolio: Sertifikasi Guru dalam Jabatan

November 20th, 2009
Comments Off on Penilaian Portofolio: Sertifikasi Guru dalam Jabatan

(Dikutip dari Suparlan.com, Alamat: http://www.suparlan.com/pages/posts/penilaian-portofolio-sertifikasi-guru-dalam-jabatan171.php?p=40)

PENILAIAN PORTOFOLIO: SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Oleh Suparlan *)

Good education requires good teachers

(International Conference on Education in Geneva).

Barang siapa berani mengajar, dia tak boleh berhenti belajar

(John Cotton Dana)

Tanpa guru yang dapat dijadikan andalannya, mustahil sesuatu sistem pendidikan berikut acara kurikulernya dapat mencapai hasil sebagaimana diharapkan. Maka prasyarat utama yang harus dipenuhi bagi berlangsungnya proses belajar-mengajar yang menjamin optimalisasi hasil ‘pembelajaran’ secara kurikuler ialah tersedianya guru dengan kualifikasi dan kompetensi yang mampu memenuhi tuntutan tugasnya (Fuad Hassan, Kompas, 28 Feburari 2000).

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 8,036 kali

Artikel: Sertifikasi Guru Tidak Akurat

November 20th, 2009

(Dikutip dari Pendidikan Network, alamat: http://re-searchengines.com/ardan0608.html)

Judul: Sertifikasi Guru Tidak Akurat
Nama & E-mail (Penulis): Ardan Sirodjuddin
Saya Guru di SMKN 8 Semarang
Topik: Pendidikan
Tanggal: 5 Juni 2008

Mendiknas Bambang Sudibyo membentuk Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) pada medio Agustus 2007. KSG yang beranggotakan unsur Depdiknas, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Universitas Eks IKIP dan Depag ini dimaksudkan untuk menyukseskan program sertifikasi terhadap 2,7 juta guru. Departemen Pendidikan Nasional agaknya tak ingin gagal dalam melaksanakan program sertifikasi guru di pelosok negeri ini. Maklum, program ini merupakan amanat Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 10,239 kali

Problematika Sertifikasi Guru

November 20th, 2009

(Dikutip dari DuaBerita.com, Alamat: http://www.duaberita.com/main/artikel-dua/pendidikan/167-problematika-sertifikasi-guru.html)
Problematika Sertifikasi Guru
Oleh : Budhi A.M. Syachrun, S.Pd*
Apa yang menjadi daya tarik para guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik saat ini? Kita pasti semua sepakat bahwa hal itu dikarenakan dengan proses sertifikasi. Dengan sertifikasi, seakan menjadi magnet dari para kaum pendidik. Guru berlomba-lomba mendapatkan nilai maksimal demi mencapai suatu taraf hidup yang layak.
Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 4,758 kali

Dinas Pendidikan Ancam Cabut Tunjangan Profesi

November 12th, 2009

(Artikel dikutip dari Kompas Online, 11 Nopember 2009)

JAMBI, KOMPAS.com – Ide yang satu ini pantas ditiru dinas pendidikan kota/kabupaten di Indonesia. Guna menjaga kualitas guru tersertifikasi, Dinas Pendidikan Kota Jambi mengancam akan mencabut tunjangan profesi mereka jika mengajar kurang dari 24 jam.

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 2,646 kali

Program Sertifikasi Guru Perlu Diperbaiki!

November 11th, 2009

(Artikel dikutip dari Kompas Online, 10 Nopember 2009. Alamat: http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/11/10/15582270/program.sertifikasi.guru.perlu.diperbaiki.)

GORONTALO, KOMPAS.com – Program sertifikasi guru di Indonesia perlu diperbaiki. Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Prof. Sunaryo Kartadinata, Selasa (10/11).

Read more…

F. Kumpulan artikel Dilihat: 2,269 kali