Home > C. Pengumuman > Alur pelaksanaan Sertifikasi Guru 2011

Alur pelaksanaan Sertifikasi Guru 2011

January 27th, 2011

Ada beberapa guru yang bertanya pada kami mengenai bagaimana Sertifikasi Guru 2011. Memang terdapat perubahan pola pelaksanaannya, dimana sekarang guru bisa memilih apakah melalui pola PSPL (Pemberian Sertifikat Pendidik Secara Langsung, atau yang dikenal dengan verifikasi dokumen), pola Portofolio, atau pola PLPG. Secara nasional kuota guru yang disertifikasi sebesar 300.000 guru, dan hanya 1% yang diberi kesempatan menyusun portofolio atau melalui jalur langsung.

Berikut ini alur pelaksanaannya:

FlowSergu2011

Dengan demikian bisa dikatakan guru akan diarahkan melalui jalur PLPG mengingat hasil evaluasi Balitbang Diknas bahwa kualitas guru yang lulus PLPG lebih baik dari yang lulus melalui jalur portofolio.

Bagi yang memilih jalur PF, ada tes awal untuk menentukan kelayakan. Bila berhasil maka diberi kesempatan menyusun PF, bila gagal tes maka diikutkan PLPG. Bila skor PF di atas batas kelulusan maka ada verifikasi ulang untuk melihat apakah PF yang disusun sudah benar (sesuai dengan kenyataan guru). Bila tidak lolos verifikasi maka diikutkan PLPG. Bila skor PF di bawah batas kelulusan, maka seperti tahun lalu, akan diikutkan PLPG. Untuk yang jalur PSPL, bila dokumennya berstatus TMP (Tidak Memenuhi Persyaratan) maka langsung diikutkan PLPG (berbeda dengan tahun lalu yang diberi kesempatan menyusun PF).

Pelaksanaan PLPG masih sama dengan tahun lalu, diadakan selama 90 jam pertemuan (10 hari) dan diakhiri dengan Uji Kompetensi. Uji ulang PLPG bagi guru yang tidak lulus hanya diadakan sekali. Guru yang tidak lulus akan setelah mengikuti uji ulang dikembalikan ke Dinas Pendidikan setempat.

Buku 1-4 Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2011 bisa didownload di halaman Peraturan dan Panduan Sertifikasi Guru.

Khusus di PSG Rayon 15 UM, pelaksanaan PLPG direncanakan mulai bulan Juni 2011.

C. Pengumuman Dilihat: 20,351 kali

  1. WINOTO
    April 11th, 2011 at 10:08 | #1

    Sistem perekrutan sergu yang ada saat ini tidak adil.
    saya lulus s-1 lebih dulu,namun dengan adanya guru yang berusia lebih tua kemudian menempuh pendidikan s-1 dan lulus s-1 belakangan malah dapat jatah sergu lebih dulu. kedua, hingga saat ini masih banyak guru SD dengan masa kerja lebih dari 15 th (termasuk saya), belum terjaring sergu, namun banyak guru SMP/SMA dengan masa kerja kurang dari 10 th sudah menikmati tunjangan tersebut.

  2. admin
    April 11th, 2011 at 21:27 | #2

    Kami tidak bisa berkomentar karena itu adalah wewenang Dinas Pendidikan setempat. Yang mungkin bisa kami komentari adalah perekrutan tidak melihat dari kapan guru lulus S-1, tetapi dari masa kerja/usia/golongan/tugas tambahan.

  3. Budhi
    April 15th, 2011 at 14:27 | #3

    Mohon penjelasan…
    1. Kewenangan siapa yang menentukan peserta sertifikasi?
    2. Tahun ini untuk penghitungan masa kerja guna penetapan peserta sertifikasi dasarnya dari TMT CPNS atau TMT sejak menjadi guru (GTT)?
    3. Apakah benar info yang beredar bahwa Prov. jatim tahun ini menetapkan sertifikasi langsung melalui PLPG?
    Terima kasih atas perhatian dan penjelasannya

  4. admin
    April 15th, 2011 at 21:54 | #4

    Utk Budhi:
    1. Kewenangan Dinas Pendidikan dan LPMP dengan dasar database guru di NUPTK
    2. Dimulai sejak yang bersangkutan menjadi guru (apapun status dan jenjangnya)
    3. Sesuai dengan diagram yang kami tayangkan di halaman awal, peserta bisa memilih jalur PSPL (sertifikat langsung), jalur Portofolio, atau jalur PLPG. Itu berlaku secara nasional, bukan hanya di Jatim.

  5. Ahmad
    April 17th, 2011 at 03:05 | #5

    1. Mengapa setiap tahun aturan sertifikasi berubah terus?
    2. Perhitungan masa kerja guna penetapan peserta, apakah dilakukan perjenjang atau secara global, misal jenjang SD sendiri, SMP sendiri atau bagaimana ?
    3. Apakah tidak lebih ADIL kalau perhitungan masa kerja di dasarkan pada TMT CPNS, bukan TMT pertama kali menjadi guru, karena ada indikasi banyak calon peserta yang memanipulasi masa kerja sebelum CPNS.

  6. admin
    April 17th, 2011 at 03:51 | #6

    utk Ahmad:
    1. Selalu ada evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya, untuk menuju ke kondisi ideal bagaimana sertifikasi seharusnya.
    2. Dihitung secara global, sejak ybs menjadi guru.
    3. Itu tidak adil bagi guru swasta kan? tidak semua guru adalah PNS, walau kuota untuk guru non PNS memang hanya 15-25% per tahun. Kalau ada manipulasi dan ketahuan, bisa didiskualifikasi. Tidak hanya asesor, tetapi bila masyarakat tahu bahwa ada pelanggaran, itu bisa dilaporkan.

  7. Budhi
    May 10th, 2011 at 23:39 | #7

    Mohon Penjelasan:
    1. Kapan Sk Tunjangan profesi turun dan kapan pencairan yg lulus tahun 2010?
    2. Apa benar setelah th 2011 ini sertifikasi harus melalui PPG?
    3. Utk Kab,Madiun , th ini unt penentuan peserta sertifikasi kok diperhitungkan masa kerja sejak CPNS? apa hal ini tdk menyalahi aturan dr pusat?
    trim penjelasannya..

  8. admin
    May 11th, 2011 at 04:51 | #8

    @Budhi
    1. Jangan ditanyakan ke kami, kami tidak berkaitan dengan itu. Silahkan ditanyakan ke Dinas Pendidikan / LPMP Jawa Timur.
    2. PPG diperuntukkan guru yang diangkat/menjadi guru setelah terbitnya UU Guru dan Dosen pada 2005. Untuk yang menjadi guru sebelum terbitnya UU itu akan diikutkan sertifikasi melalui jalur portofolio/PLPG. Jalur PF/PLPG diperkirakan akan berakhir pada 2015.
    3. Mohon maaf, kami tidak bisa berkomentar. Penetapan peserta adalah kewenangan Dinas Pendidikan / LPMP dan menggunakan database NUPTK yang terpusat & online.

  9. June 13th, 2011 at 15:04 | #9

    Pak Admin Yth
    Mohon Info saya adalah peserta klarivikasi pada hari kamis tgl-9 juni yang lalu. Mohon informasi hasil klrifikasinya, saya hanya ingin tau apakah saya lanjut plpg.

  10. Imron
    July 15th, 2011 at 11:48 | #10

    Saudara Admin yang terhormat,
    Kami selaku peserta PLPG mutasi dari rayon 44 UMM kabupaten Blitar, mohon pemberitahuan jadwal pelaksanaan PLPG-nya
    Terima kasih….

  11. admin
    July 15th, 2011 at 15:16 | #11

    @Imron
    Pembagian tahapan sudah kami tayangkan sejak lama, lihat di http://psg15.um.ac.id/?p=1590. Ada sejumlah bidangstudi yang bertanda “Limpahan”

  12. Muh. Rizal Hamzah
    September 16th, 2014 at 13:31 | #12

    Admin YTH.
    Mohon infonya, berapa skor ideal dan skor terendah yang diperoleh guru, sehingga dinyatakan LULUS SERTIFIKASI?

    Apakah memungkinkan mahasiswa penelitian unt memperoleh data mengenai skor perolehan guru di Pengelola LPTK?

    Terima Kasih

  13. admin
    September 26th, 2014 at 08:00 | #13

    @Muh. Rizal Hamzah
    silahkan dilihat di buku 4 tentang Rambu-rambu PLPG. Disitu disebutkan komposisi Skor Akhir Kelulusan dan persyaratan kelulusan. Untuk data, silahkan bertemu dengan Ketua PSG / Wakil Rektor I UM.

  1. No trackbacks yet.